Penyebab Keputihan Bisa Diakibatkan Hal ini

Penyebab Keputihan || Keputihan merupakan suatu kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan sekresi yang diproduksi oleh leher rahim guna mengeluarkan bakteri mati supaya vagina tetap dalam kondisi yang bersih. Namun demikian, banyak pula wanita yang mengeluhkan permasalahan keputihan abnormal, di mana cairan yang dikeluarkan tersebut berwarna kecoklatan, kekuningan atau warna lain selain putih. Dengan dibarengi oleh rasa kurang nyaman inilah menjadikan wanita berfikir jika keputihan adalah hal yang patut untuk diwaspadai.

Lantas, apa yang menjadi penyebab keputihan pada umumnya? Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita mengalami keputihan :

 

  1. Faktor usia

Perlu diketahui bahwa keputihan pada dasarnya akan terjadi pada masa subur atau sebelum dan sesudah menstruasi. Dengan kata lain, sudah sewajarnya jika keputihan akan didapati pada wanita yang masuk masa remaja atau sekitar 13 tahun.
Meskipun demikian, banyak pula anak perempuan di bawah usia tersebut yang justru mengalami keputihan. Jika memang demikian adanya, penyebab keputihan tersebut bisa berarti infeksi. Padahal, perihal keputihan ini merupakan kejadian normal yang seperti diungkapkan secara singkat pada ulasan di atas.

 

  1. Kegiatan seks yang terlalu berlebih

Ternyata, penyebab keputihan juga dikarenakan perilaku seks Anda yang berlebihan. Dalam hal ini, jika Anda melakukan hubungan seks sesering mungkin, maka hal ini akan menyebabkan sel – sel mati di dalam vagina akan mengalami peningkatan dan hal ini sering kali merujuk pada permasalahan keputihan tersebut. Oleh sebab itu, akan sangat disarankan agar melakukan hubungan seks sewajar mungkin sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan namanya keputihan.

 

  1. Perilaku berendam di air hangat terlalu lama

Pada hakikatnya, penyebab keputihan ini disebabkan oleh bakteri ataupun jamur. Ketika hal ini memang benar adanya, perilaku berendam dalam air hangat untuk beberapa lama sudah sepatutnya dikurangi mengingat pertumbuhan jamur yang sangat pesat ketika dalam kondisi semacam ini. Dengan kata lain, perilaku semacam ini pulalah yang memicu keputihanmu tidak lekas selesai.

Cara mengatasi keputihan bisa baca disini

Selain beberapa penyebab keputihan di atas, ternyata perilaku kurang sehat pada wanita seperti pemakaian celana dalam yang ketat hingga pengaruh stress yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, untuk Anda yang mengalami keputihan, cobalah memakai celana dalam dengan sirkulasi udara yang cukup, sehingga tidak membuat vagina lembab. Selain itu, pastikan Anda segera memeriksanya ke dokter jika memang keputihan tersebut dirasa membuat Anda tidak nyaman sehingga Anda akan mendapatkan penanganan secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami